Saturday, February 27, 2010

CERITA WAKTU NGEDANUS

Tadi pagi, gue dan dua orang temen kelas gue -staff di divisi danus hima yang gue kepalai-, ngedanus jual diri pakaian sumbangan temen-temen yang masih layak pakai di PaUn (Pasar Unwim). Lumayan kejual banyak. Untungnya juga dapet laah, diitung-itung kalo tiap hari untungnya segitu, maka dalam sebulan mungkin bisa nutupin utang negara. Zzzzzz...

Sewaktu kita beres-beres mau balik, ada seorang cewe ngedeketin kita. Gue kira dia pembeli yang emang sebelumnya janji mau ke lapak ane (ups, ngikutin kaskus) sehabis ikutan senam. Soalnya muka dan badannya emang mirip-mirip gitu. Dan beginilah kira-kira percakapan antara gue dan cewe itu :

gue (G) : waduh, maaf teh.. Kaos yang tadi teteh pegang udah kejual.
cewe (C) : hah, apaan teh ? *dia ngomong sambil berdiri. Terus dia jongkok.
G : eh ?
C : teh, teteh dari mana ??
G : (gak mau ketauan kalo gue mahasiswa) Dari tadi. Hehehe..
C : (nyengir) Teh, saya boleh kerja disini ?
G : (kaget) Hahh ??
C : iya teh saya lagi butuh kerja.
G : aduh, ini mah bukan kerjaan saya..
C : oh.. Teh, mau gak kerja di Jakarta ?
G : (mikir : ah yaudah gue ngaku aja daripada beneran diajak kerja di Jakarta) Maaf, saya mahasiswa.. Ini lagi ngedanus, teh.. Buat hima.. *sambil mikir : muka gue segitu ndesonya ya, sampe dia gak tau siapa gue. Beuh, emangnya gue siapa ?? Hihi.. :p
C : ooh.. Gitu..
G : iya.. *sambil nyengir
C : saya udah kerja teh sebenernya, ngamen. Masih mending ya teh daripada saya jual diri..

Langsung gue nyadar. Astaga, ini tadi pengamen yang kita tolak waktu masih gelar lapak. Oh mai God.. :-o

G : ooh, ya yang tadi ya ??
C : iya..
G : emangnya asli mana ?? *sambil nebak-nebak, kayanya ni cewe umurnya sekitar 17-20 tahun..
C : cicalengka teh.. (nama tempat di deket Jatinangor)
G : ooh.. *tadinya mau nanya lagi cuma dianya keburu bilang gini..
C : yaudah deh teh, makasih ya buat sarannya..
G : (ngerasa malu tiba-tiba) iya sama-sama. Tetep semangat ya..
C : iya teh..

Baru kali ini, baru kali ini gue ngerasa deket sama kehidupan (maaf) rakyat kecil. Baru kali ini gue ngerasa malu atas apa yang udah gue lakuin walo atas nama kegiatan hima. Gue sih enak, tinimbang ngumpulin baju dari temen-temen yang gak kepake dan mungkin cuma menuh-menuhin lemari, terus dijual lagi. Resiko rugi gak ada. Enggak jualan pun gak apa-apa, toh kita ngelakuin bukan karena tuntutan urusan sandang-pangan, tapi lebih ke tuntutan tanggung jawab proker yang udah kita buat aja. Sedangkan dia ?? Gak ngamen sehari, bisa makan gak ??

Tiba-tiba malu. Kurang banget kepedulian gue sama sekitar (ngerasa bersalah karena gak bisa [atau gak mau ??] ngebagi sedikit rezeki hari itu). Padahal banyak juga yang gak lebih beruntung daripada gue. Mungkin karena selama ini yang ada di pikiran gue cuma urusan main dan kebutuhan memenuhi ego sendiri. "Yang penting gue" adalah tagline yang mungkin tertulis di jidat gue selama ini. Gak bisa jadi orang yang ngalah, suka sirik sama temen yang lebih daripada gue (walo belum ada korban akibat kesirikan gue), dan seringkali menjalankan pepatah lama : kacang lupa akan kulitnya. Ya, ya.. Ini lagi ngomongin gue, bukan orang lain. Tuh kan, egois lagi kan, ngomongin diri sendiri.. *ampun deh.. --"

No comments:

Post a Comment